Daendels-biografi singkat Daendels





Herman Willem Daendels adalah seorang politikus Belanda yang merupakan Gubernur-Jenderal Hindia-Belanda yang ke-36,  memerintah antara tahun 1808 – 1811. Herman Willem Daendels dikirim oleh kaisar Perancis, Louis Napoleon Bonaparte dikarenakan  pada tahun 1795, Perancis dapat menaklukan Belanda. Raja Belanda William V, mengasingkan diri ke Inggris dan menyerahkan seluruh daerah jajahannya untuk sementara waktu kepada Perancis. Belanda jatuh ketangan Perancis dibawah pimpinan Kaisar Louis Napoleon Bonaparte pada tahun 1806. Hal tersebut menyebabkan pengaruh poitik liberal Perancis meluas di Belanda dan terjadilah perubahan peta politik di Belanda yang pengaruhnya sampai ke Indonesia sebagai daerah jajahannya.

Adapun tujuan dikirimnya Daendels yaitu untuk Memperkuat pertahan di Pulau Jawa untuk menghadapi serangan Inggris, mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya untuk biaya perang melawan Inggris, dan memperbaiki kondisi keuangan pemerintah karena kas Negara kosong.
Kebijakan pemerintahan Daendels yaitu kerja rodi, dan Proyek utamanya, yaitu Jalan Raya Pos (Grote Postweg) dari Anyer sampai Panarukan. Pembangunan jalan Daendels dari Anyer (Banten) sampai Panarukan (Jawa Timur) sejauh 1000 km pada tahun 1809 – 1810 yang pada awalnya  bertujuan untuk mempercepat tibanya surat-surat yang dikirim antar Anyer hingga Panarukan atau sebagai jalan pos, akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya dibangunnya juga karena manfaat militernya, yaitu untuk mengusahakan tentara-tentaranya bergerak dengan cepat dan semenjak saat itu, jaringan transportasi darat dipulau Jawa mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Dalam kebijakannya, Daendels inggin melakukan pemberantasan korupsi akan tetapi dia malah memperkaya diri sendiri dan keluaganya. Daendels gagal memberantas korupsi. Oleh karena itu Daendels dipanggil pulang ke negeri Belanda dan kedudukannya kemudian digantikan oleh Jansens.

0 Response to "Daendels-biografi singkat Daendels"

Post a Comment